Selasa, 07 Oktober 2008

PENYAKIT yang SERING dialami PRIA (3)

apa saja sih penyakit yang kerap mengintai dan dialami para pria usia di bawah 50-an? ada baiknya anda ketahui agar si DIA mau lebih memperhatikan kondisi tubuh dan kesehatannya ! (3)

- HERNIA INGUINALIS ( lipatan paha )
Sebetulnya hernia berpotensi pada siapapun. Hernia sendiri terjadi disebabkan oleh adanya defek pada dinding atau bagian lemah dari rongga perut. Namun, hernia ini lebih sering dialami pria. Hal ini terjadi antara lain karena saluran tempat turunnya buah pelir (buah zakar) dari rongga perut kekantung buah pelir (buah zakar) pada sekitar 4 persen bayi laki-laki tetap terbuka saat lahir. Keadaan ini lalu membentuk sebuah cincin atau kantung yang dapat terisi organ-organ dalam rongga perut. Lubang ini berpotensi terbuka oleh sebab-sebab tertentu, seperti batuk kronis hingga mengedan, pembengkakan kelenjar prostat, atau akibat sering melakukan pekerjaan mengangkat beban berat, yang semuanya menambah tekanan dalam rongga perut. Sementara pada perempuan, perjalanan ovarium yang tak sampai ke bagian luar rongga perut yang meninggalkan lubang, menyebabkan hernia jenis inguinalis menjadi jarang terjadi pada perempuan.

- KANKER PROSTAT
Angka kejadian keganasan pada kelenjar prostat dari tahun ketahun kini makin meningkat. Pada umumnya, kanker prostat menyerang pria yang berusia lebih dari 50 tahun. Penyebab pasti dari kanker prostat sebenarnya masih belum diketahui, namun ada beberapa faktor resiko untuk terjadinya kanker prostat. Seperti pola makan tinggi lemak, adanya pembesaran prostat jinak, inveksi virus yang ditularkan melalui hubungan intim, dan riwayat kanker prostat pada keluarga. Ada beberapa gejala atau keluhan yang perlu di perhatikan, yaitu sering buang air kecil terutama dimalam hari, buang air kecil sampai harus mengejan, sulit enahan buang air kecil, tak bisa buang air kecil sama sekali, buang air kecil terasa sakit atau panas, terdapatnya darah dalam air seni dan air mani, hingga terasa sakit saat ejakulasi.

*** TINDAKAN ANTISIPASINYA ***
Setelah mengetahui potensi penyakit tertentu yang mudah menghinggapi, sebaiknya perlu diantisipasi dengan beberapa tindakan, antara lain :
* BERHENTI MEROKOK
* ATUR POLA MAKAN dengan memilih menu sehat dan seimbang
* OLAHRAGA SECARA RUTIN
* HINDARI MELAKUKAN PEKERJAAN TERLALU BERAT
* LAKUKAN GENERAL CHECK UP SECARA RUTIN
* LAKUKAN DIET, seperti diet rendah purin,kolesterol dan sebagainya

semoga bermanfaat !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

obat kuat